Minggu, 12 Januari 2020

Waspada Gejala Umum Nyeri Panggul Yang Satu Ini


Nyeri panggul merupakan sebuah kondisi umum yang bisa terjadi pada siapa saja. Penyakit ini bisa menimbulkan rasa nyeri pada panggul atau bagian bawah perut manusia. Dan biasanya, si penderita akan semakin merasa kesakitan ketika mereka buang air kecil. Maka dari itu anda perlu mewaspadai gejala umum nyeri panggul yang tanpa disadari sudah menyerang anda sejak dini. Karena pada dasarnya, penyakit panggul ini tidak bisa anda sepelekan. Apalagi teruntuk para wanita yang sering mengalami nyeri panggul saat mereka sedang masuk dalam masa periodnya. Bisa jadi nyeri panggul yang anda rasakan merupakan salah satu tanda dari sebuah penyakit tertentu.

Waspada Gejala Umum Nyeri Panggul Yang Satu Ini

Nah, bagi anda yang merasa khawatir dan ingin tahu apa saja penyebab dari nyeri panggul. Perlu anda ketahui, bahwa penyebab nyeri panggul sendiri bisa sangat beragam. Seperti adanya infeksi pada saluran kandung kemih, adanya peradangan pada organ usus, sampai pada gangguan hernia. Jadi jika anda ingin tahu lebih lanjut mengapa anda bisa terkena nyeri panggul, anda harus sesegera mungkin memeriksakan diri anda ke dokter terdekat. Anda harus melakukan pemeriksaan fisik. Karena dokter perlu mengetahui dan mengamati riwayat penyakit yang anda derita.

Waspada Gejala Umum Nyeri Panggul Yang Satu Ini

Jadi ketika anda melakukan pemeriksaan ke dokter, bisa saja anda dianjurkan untuk melakukan tes urine, tes darah, MRI, hingga tes USG pada panggul yang nyeri. Hal ini dilakukan agar dokter bisa memahami, mengapa gejala nyeri panggul tersebut bisa menghampiri anda. Lalu sebenarnya apa saja gejala umum nyeri panggul yang bisa terjadi pada anda? Berikut penjelasannya.

Adanya rasa nyeri yang muncul secara tiba-tiba pada panggul merupakan gejala awal yang umum dirasakan oleh semua penderitanya. Namun rasa nyeri atau sakit yang dirasakan tergantung dengan tingkatan sakit yang mereka derita. Bisa berada pada tingkatan kronis, dan bisa juga pada tingkatan akut.

Namun jangan salah, baik akut ataupun kronis. Rasa sakit yang dirasakan memang membuat penderitanya kesakitan secara tiba-tiba dan bisa saja menyerang anggota tubuh lainnya seperti punggung, bokong, hingga paha. Sehingga keadaan ini tentunya bisa membuat penderitanya merasa tidak nyaman dalam beraktivitas. Nah, apa sajakah perbedaan dari nyeri panggul akut dan kronis? Bagaimana gejala umum dari keduanya?

l  Nyeri panggul akut merupakan sebuah sebuah kondisi dimana penderitanya akan merasa nyeri pada panggul secara tiba-tiba. Dan untuk rasa sakitnya masih bisa ditahan dengan meminum analgesik atau obat pereda nyeri.

l  Nyeri panggul kronis merupakan rasa nyeri pada panggul yang bisa terjadi dalam waktu yang cukup panjang. Bisa sampai berbulan-bulan lamanya, bahkan sampai 6 bulan. Sehingga bisa membuat menderita orang yang merasakannya.

Adapun nyeri panggul sendiri, biasanya dirasakan bersamaan dengan rasa sakit pada bagian lain anggota tubuh kita. Semua tergantung pada penyebab dan penyakit yang kita derita. Adanya nyeri panggul juga biasanya malah menimbulkan beberapa penyakit lainnya, seperti sakit kepala, demam, dan tubuh terasa lemas. Bahkan ada juga penderita nyeri panggul yang mendapatkan efeknya pada sistem pencernaan yang mereka miliki.

Berikut ini beberapa penyebab dari nyeri panggul ini yang berbeda-beda. Ada yang disebabkan oleh kista, penyakit ovarium, radang panggul, usus buntu, radang rongga perut, hingga infeksi saluran kandung kemih. Maka dari itu, untuk menghindari kondisi ini sangat dianjurkan bagi anda untuk mengkonsumsi air putih sesuai dengan yang telah dianjurkan oleh dokter. Sehingga gejala umum pada nyeri panggul tidak akan pernah anda rasakan.